Ternyata, Indonesia Lebih Dulu Mengenal Sepeda Motor!

Motor John C. Potter. Sebelum-dan-setelah-direstorasi

Taukah mazbro semua bahwa sepeda motor di Indonesia ternyata sudah ada sejak tahun awal produksi sepeda motor pertama didunia??? udah tau? kalau udah silahkan close aja… 🙂 Kalau belum silahkan simak terus….

Alkisah, pada tahun 1893 M tepatnya dimasa penjajahan Belanda. Meskipun yang membawanya bukanlah orang pribumi Indonesia, lalu siapa yang bawa? dialah John C. Potter. Ini sungguh sebuah hal yang luar biasa mzbro…. ketika sepeda motor komersial pertama di dunia ternyata langsung dikirim ke Indonesia pada tahun pertama pembuatannya! Bandingkan dengan Amerika Serikat yang dua tahun kemudian baru merasakannya….. Sepeda motor ini pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York.

Tapi sayang seribu kali sayang……… Hal yang luar biasa ini tidaklah membuat kita menjadi Negara yang bisa memproduksi motor sendiri, malahan Jepang melalui Honda pada tahun 1943 (cmiiw) bisa memproduksi motor pertama kalinya.

Kita? hmmmm, masih menjadi penonton di negeri sendiri…….. Bahkan 118 tahun kemudian sejak sepeda motor pertama kali menjejakkan bannya di Indonesia kita masih hanya bisa membeli dari Negara lain. Ada apakah gerangan???
Silahkan tinggalkan jejaknya…….. (ris)

Gambar by Motorlama

Baca Juga:

Iklan
Categories: Catatan | Tag: | 8 Komentar

Navigasi pos

8 thoughts on “Ternyata, Indonesia Lebih Dulu Mengenal Sepeda Motor!

  1. pak rt

    /me pak lurah was here*

    memang sangat disayangkan, saatnya generasi muda bangkit dan melangkah maju… yang lewat biarin saja lewat .. big jump started from a small step…merdeka !!!

  2. wahhhh hebat ya indonesia,…. mantabhhhh

  3. vanz21fashion

    Perbedaannya di kala Jepang mengenal yg namanya motor mereka langsung berangkat ke negara2 di Europe dan USA untuk belajar kepada pabrikan2 yg sudah berdiri kala itu seperti Harley-Davidson dan lain2.. Kasarnya pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha pun awalnya ‘nyontek’ bagaimana USA dan Europe bisa bikin motor hanya saja diberi bumbu yg lebih yaitu minim getaran dan lebih mudah dikendarai..

    So, sebenernya sejarah pabrikan motor Europe, USA, Jepang, Korea semuanya saling berkaitan karena awal mula pabrikan USA ya dari Europe, Jepang ya dari Europe dan USA, Kore ya belajar dari Jepang.. Tinggal masing2 memiliki ciri khas dan keunggulan (competitive advantage) masing2 yg bikin mereka bisa suxes..

    BTW, thank you udah mampir di blog yg lagi tutup

    • wow, luar biasa bro vanz21fashion ini pengetahuan sejarah dan otomotifnya, itulah yang buat ane penasaran pengen berkunjung ke blog anda.:-)
      tutup aja rame, buka lagi aja blognya bro….

  4. Nasib…nasib…nasib…emang bangsa kita ini selalu jadi penonton yang baik di setiap event, baik itu otomotif, Teknologi, Olah Raga…tapi tenang mas…walaupun demikian kita masih bisa bangga karena kita mampu menjadi penonton yang baik dan tertib (hehehe…) dan satu lagi, angka statistik pembelian otomotif di Indonesia cukup tinggi, itu membuktikan bahwa kita banyak duit mas…(walaupun hanya kredit ya,,,) hehehe…Indonesia…Indonesia…

    Salam
    http://arebyne.wordpress.com/

    • kadang jadi penontonpun rusuh, tapi patut juga di apresiasi karya anak SMK yang buat R4 melalui Esemka…..

Silahkan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: