Panduan Touring

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tanpa maksud menggurui para senior tulisan ini ane buat demi untuk sedikit sharing tentang touring dan mmencoba mengingatkan kembali tentang panduan ini, kali aja berguna diperjalanan…… berikut panduannya:

  1. Harus ada Road Captain aka pemimpin perjalanan… Kapten bertanggung jawab terhadap touring secara keseluruhan. Kapten harus mampu mengendalikan anggota touring lain, mempunyai kapabilitas mengenal jalan, route yang terbaik, kapan harus berhenti untuk ngisi bbm dan kapan harus melanjutkan perjalanan dsb. Kpaten selalu paling depan, tidak ada satu anggota pun yang boleh mendahuluinya… Dalam touring kapten dibantu oleh satu atau beberapa Sweeper yang tugasnya memastikan tidak ada anggota yang tertinggal atau memisahkan diri dari rombongan.
  2. Setiap anggota Touring harus memeriksa kendaraan motornya dengan baik, minimal check oli, busi, rem, ban, semua lampu dan klakson haruslah berfungsi dengan baik,  Ini cukup penting, kalau nggak bisa mengganggu touring itu sendiri. Kalau nggak menggunakan ban tubeless, sebaiknya bawa ban serep, dan peralatan untuk buka ban yang sederhana,  juga pompa portable. Khusus moge, biasanya juga mengikutsertakan mobil storing, jadi kalau ada yang mogok / rusak itu moge langsung diangkut ke mobil storing sehingga nggak ganggu perjalanan.
  3. Dalam touring selalu perhatikan rambu-rambu, rombongan harus menyalakan lampu utama disiang hari (apalagi dimalam hari), Kapten dan anggota nggak boleh menggunakan sirine / lampu rotator, itu dilarang (melanggar undang-undang) kecuali rombongan touring dikawal ama Polantas. Jika mau mendahului harus dari kanan, dan bunyikan klakson seperlunya, atau hidupkan sein kanan, bisa juga gunakan lampu dim.
  4. Jika jalanan lagi macet, sabar aja karena FYI orang sabar itu pant*tnya lebar. Hormati biker lain, jangan srundulan dan jangan menghalangi jalan.
  5. Yang Terakhir, gunakan perlengkapan touring sendiri, jangan pinjaman, ntar bahaya dikejar-kejar yang punya :mrgreen:

Perlu diingat brow, jalanan bukan punya nenek moyang kita, jalanan dibuat atas pajak yang kita bayar bersama. So, gunakan jalan milik bersama itu dengan menghargai biker / driver jalan yang lain….
Sekian.

Baca Juga:

Iklan
Categories: Catatan | 11 Komentar

Navigasi pos

11 thoughts on “Panduan Touring

  1. saya suka point ke-5 :mrgreen:

    nice tips bro..

  2. wah keren.. pengen touring juga pake motor2 gede..
    berasa keren gitu!!

  3. aku paling benci tuh kalau ada touring seenaknya

    • ane bisa bilang apa… itulah, mau dibilang oknum tapi malah kadang-kadang satu robongan, kalau namanya oknum tentu hanya segelintir orang. yaaah, semoga kedepannya club motor pada tertib berlantas…

  4. mantabhhhh,….

Silahkan Tinggalkan Jejak

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: